Thursday, May 13, 2004

Duh...si Embah.......

"Teh....mbah kabur!" kemarin siang tadi tiwi ngagetin aku lewat YM-nya.

Masya Allah, kenapa lagi sih mbah, gitu aku pikir dalem hati.
Langsung aku telp mamah, pengen tau crita sebenernya. Ternyata bener, dia pergi ke PSM, ke rmhnya, sbl bawa surat rumah. Astaghfirulloh!! buat apa???

Aku jadi inget semalem, waktu aku telp dia, nanyain kabarnya sekalian nanyain "suster" barunya, dia emang minta tolong aku buat ngebilangin ke orang yg ngontrak rumahnya spy memperpanjang kontraknya.
Duh embah....embah khan dah sepuh, koq msh ngurus hal2x yg duniawi ya.
Jadi inget ayat di surat Yasin,
" Waman Nu'amirhu Nunakishu fil kholqi afala ya'qilun"
(QS 36:68)

Jadi inget crita sofie ttg papanya yg getting childish, walaupun usiannya baru 70th (comparing with embah yg 86th).
Si papi tuh harus pake dipers karena sudah tidak memungkinkan buat jalan buang hajat. Udah gitu papi jd mudah nangis kalo di jutek-in sama anak2xnya.

Juga cerita Ibu (81th), Mak Tuo mas Indra yang hingga akhir hayatnya ga pernah beranjak dari tempat tidurnya. Ibu tuh, sering banget teriak2x begini; "Tolonglah saya......tolonglah saya....", ntar kalo dideketin, ternyata cuman minta digarukin.

Embah tuh sebenernya baik, dia royal kalo urusan ngasih duit buat yg kurang beruntung. Tapi, kerasnya itu lho. Kalo kemauannya ga dituruti dia bisa ngamuk dan berbuat yg nekad. Yaaaaa kayak yg begini.....kabur.
Kasian sih sebenernya kalo ngeliat dia, terkadang aku iba, koq ga berdaya banget, tapi kalo lagi ngamuk, ntah kekuatan dari mana, dia bisa kuat banget.

Umur panjang emang hadiah dari Allah, tapi kalo dengan umur panjang itu qta jd nyusahin orang, koq kayaknya ga fair banget yaaaaaa.
Ada kata2x bijak dari seorang temen di kantor;
"Ta, kamu harusnya bersyukur dikasih kesempatan utk bisa merawat orang tua hingga usia lanjut. Semua orang tua pasti akan bersifat seperti anak kecil, ketika mereka berusia lanjut. Mungkin Allah punya rencana dengan keberadaan embah itu sendiri, yang kamu sendiri ga tau apa. Mungkin keberadaan embah bisa jadi I'tibar buat kamu cucunya."

Teorinya mah.....GAMPANG.....prakteknya.....NO COMMENT.
Smoga Allah selalu memberi kesabaran dan kebesaran hati buat kami sekeluarga dalam menghadapi si embah tersayang.

No comments: