Monday, September 27, 2004

LEGAAAAAAAAAA


Lega


Kayak apa rasanya kalo kita akhirnya bisa menyelesaikan tugas yang diamanatkan buat kita. Buat aku jawabannya Cuma 1….KAYAK BISUL YG PECAH!!!

Minggu kemarin ini aku ambil cuti seminggu pasca PEMILU. Ini juga sebagian atas saran Pak Deddie yang kasian ngeliat aku semakin stress dan ga genah kelakuannya. Kata dia daripada usaha berobatku malahan jadi sia2, “……mending cuti aja lah Ta….”
Buat aku sih kesempatan cuti ini buat ngelarin tanggung jawab aku sebagai koordinator kegiatan akreditasi di kampus tempat aku ngajar.

Kelar PEMILU hari Senin, kebetulan dengar kabar dari Bandung, katanya embah sakit keras. Karena mamah sama nugie langsung cabut ke Bandung dan papah sendirian di rumah, mas Indra ngajak aku nginep nemenin papah di jatiwarna. Mungkin berkahnya nemenin orang tua, aku malahan jadi lebih dekat ke kampus. Saat itu aku belum sadar kalo kegiatan ini bakal menyita waktu aku banget.
Persiapan akreditasi sebetulnya sudah sejak Juli kemarin. Dimulai dengan pengisian borang akreditasi, portofolio institusi, dan evaluasi diri. Kegiatan visitasi sendiri, sebetulnya adalah rangkaian akhir dari kegiatan akreditasi. Dimana Tim Assessor dari BAN meng-cross check isian borang dengan kondisi sebenarnya. Karena aku KaProg-nya, jadi aku yang bertanggung jawab sama acara itu. Kebayang ga sih, kalo aku tuh masih ijo sama dunia perkampus-an, dan aku yang nanti berhadapan langsung sama tim Assessor. Cuma dengan modal Bismillah dan dukungan dari temen2 semua, aku percaya diri aja menghadapinya.

Dari mulai Jumat aku udah mulai kerja, mimpin rapat, nagihin SAP dari dosen, trus persiapan buat acara visitasi sendiri. Alhamdulillah punya tim yang solid banget, dan saling bantu, bahkan sekretaris aku sigap banget ngasih info per telpon. Dia ngerti kalo aku hidup di 2 dunia. Jadi aku tinggal ngecek aja persiapan akhir.
Yang bikin panik waktu urusan perpus belon beres. Alhamdulillah punya temen yg bias ngasih referensi orang yang tepat buat ngurus beginian. Duh…Alhamdulillah banget dapet yg ngebantu orang jebolan UI, malahan dia ga hanya nyusunin perpustakaan secara konvensional, tapi dia kasih program komputer yang nantinya komputer kita bisa nge-link ke internet (itu khan mimpinya aku ya…), trus katalognya juga udah pake komputer (ngga kalah deh sama IPB).

Acara panik kedua waktu nagih SAP dari dosen2. Emang ya….yg males itu bukan cuma mahasiswa, dosen juga suka males kalo dikasih tugas ekstra, susahhhhhhhh banget nagih SAP sama mereka, yg alasan sibuk lah, alasan ngajar di tempat lain lah. Alhamdulillah si Milda, sekretaris aku mau bantuin aku nyalinin SAP para dosen itu, jadi mereka tinggal tanda tangan aja pas hari H. Senin malem itu, kalo ga diusir pulang, mungkin aku pulangnya bisa lewat jam 10.00-an malem. Berhubung dah teler dan besok paginya musti jemput salah satu assessor di bandara, akhirnya aku mo juga waktu ‘diusir’ pulang.

Pagi2 buta banget aku dah di Kp Rambutan, ikutan Damri yang ke Cengkareng. Benernya Pak Iwan ngajakin bareng, tapi aku piker mending naek Damri, aku bisa nerusin tidur. Kalo bareng Pak Iwan, kudu nemenin dia ngobrol. Orang yang kita jemput adalah bekas Purek Undip. Orangnya sederhana dan bersahaja, dari dia aku banyak dapet ilmu tentang soal akreditasi, bagaimana kita menghadapi assessor, apa saja yang harus disiapkan. Sore itu dia ke kampus, mempresentasikan hasil temuan dari isian borang kita untuk bahan visitasi besok. Ternyata………banyak banget bo yang masih harus aku siapin. Berhubung Pak Iwan sibuk entertain si Bapak assessor dari Undip itu (ngajakin ngadu tennis dia, hahaha), aku jadinya didampingi Pak Zakir (yang ketua Yayasan) nyiapin revisi borang. Ampun deh, sama beliau aku harus menjawab pertanyaan assessor nanti based on peraturan. Tau donk, aku khan ijo banget sama urusan peraturan, apalagi yang berhubungan dengan peraturan pendidikan di Indonesia. Malahan si babe ngasih aku buku undang2 pendidikan yang baru. Jadilah, aku sama Milda & Tri (SekPro Akuntansi), tekun revisi borang dibantu advis dari babe. Jam 22.30 aku minta pulang duluan, karena ngantuk bratttt (lagian hari itu khan aku keluar dari rumah pagi2 buta banget) dan juga karena masih ada Pe eR ngafalin peraturan, lagian ga tega ngeliatin mas Indra yang terngantuk-ngantuk nungguin aku. Milda sama Tri, nyambung lembur sampe jam 23.00 (biarin deh, mereka khan bujangan).

Kamis paginya tanggal 23 September 2004 lebih nyantai, karena aku janji jemput assessor sekitar jam 09.00-an. Janjian sama Milda & Tri di kampus jam 08.00, aku ajak mereka sekalian breakfast di KC, tempat assessor nginep. O iya, sebenernya aku dapet jatah satu kamar di KC, berhubung semalemnya pulangnya udah malem dan ga bawa baju pula, jadi jatah itu mubazir aja ga ada yg make. Padahal temen2 ngasih hadiah buat kita, katanya “buat penganten baru…” (dasar!!!).
Jam 09.00 kita cabut dari KC menuju kampus. Ternyata assessor yang satu lagi orangnya bae pisan. Kita semua udah sempat su’udzon, karena dia perempuan, pikir kita pasti jutek. Ternyata mah jauh panggang dari api. Dia direktur program Pasca Sarjana Atmajaya Jogja. Dosen terbang dibeberapa Perguruan Tinggi terkemuka di pulau Jawa. Usianya mah aku tebak late 50, tapi masih cantik. Dia cerita kalo dia rajin bikin penelitian yang grantnya ga nanggung2 bisa mencapai Euro 250.000-an. Dia meng-encourage kita bertiga untuk ga ragu2 bikin penelitian. Ibu yang lulusan UGM ini ternyata sudah mempunyai cucu. Ga nyangka lho, abis muda banget sih tampangnya. Ada Hikmah yang bisa aku ambil, makin pinter seseorang tuh bukannya mereka semakin arogan, malahan semakin down to earth (cieee…inget pelajaran di PPIA dulu).

Cerita waktu akreditasi lumayan seru. Biar udah ditentir sama Pak Zakir, tetep….aja…kedodoran. Udah gitu, kebiasaan aku yg over confident bikin ngeri Pak Zakir. Pasalnya waktu assessor tanya soal lab, aku jawab dengan Pede tanpa mikirin itu jawaban bener apa salah, pikir aku yg penting aku jawab, dengan yakin lagi. Kelakuan aku itu sempet bikin pak Zakir beberapa kali keluar ruangan, trus dia curhat sama Bu Iyan (KaPro Akuntansi). Hehehe, aku yg di interview, eh dia yang grogi.
Alhamdulillah apa yang dikuatirin temen2 semua ga kejadian. Kunjungan ke lokasi juga ga ada. Namun ghitu, revisi tetep ada. Denger2 dari temen2 sih, kita dapet nilai B. Alhamdulillah, makasih Ya Alloh buat segala kemudahan yang Engkau berikan, makasih buat semua yang udah ngebantu, makasih juga buat semua yang udah ngasih ilmu. Makasih juga buat semua mahasiswa aku yang ikutan repot bantuin sampe acara4 ini sukses dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan. Ini kerja bersama kita dan ini sukses bersama kita juga.

Terima kasih buat mas Indra yang udah ngertiin kerjaan aku, tanggung jawab aku. Yang udah ikutan ngasih morning call buat aku. Yang udah ikhlas nemenin aku lembur di kampus, sampe ngantuk2, padahal aku tau dia juga udah capek sama kerjaannya di kantor (ini nih yang selalu aku pinta dalam doa dulu, seseorang yang selalu membuatku bersyukur atas AnugerahNya).

Duh rasanya legaaaaaaaaaa banget, kayak bisul yang pecah……..;)

---------------------------------------------------------------

Kegiatan ini yang bikin aku harus konsentrasi dan ga up-date blog aku. Buat Lin dan yang lain, thanks udah mampir ke blog aku.


1 comment:

Anonymous said...

Yes indeed, in some moments I can say that I acquiesce in with you, but you may be in the light of other options.
to the article there is quiet a question as you did in the fall delivery of this request www.google.com/ie?as_q=easy gif animator pro 4.6.0.34 ?
I noticed the catch-phrase you suffer with not used. Or you profit by the black methods of development of the resource. I have a week and do necheg