Friday, October 08, 2004

Berani Tampil Beda




Kalo aku jadi jarang apdet, bukan karena lagi males pun ga mood, abis sibuk siiiii (hehehe, klise ya…..), bukan jadi Tim sukses Capres koq.
Tapi aku punya crita unik dan smoga manfaat buat semuanya. Beberapa hari yang lalu, waktu aku berangkat ngantor bareng mas Indra, aku sempat terperangah waktu aku menjejakkan kaki di tangga metromini 50. Tau engga kenapa……..kalo metromini full music…ah…itu mah biasa, metromini ini full KARAOKE. Hehehe yang nyanyi Pance Pondaag! Kebayang donk….”Aku masih….seperti yang dulu….”
Sisi baiknya apa sih? Yang pasti perjalanan dari Duren Sawit ke Kampung Melayu yang biasanya membosankan dan nyebelin karena macet jadi agak ga berasa, biarpun Pance nyanyi-nya kayak orang ke-cekik. Beberapa penumpang jadi keliatan nahan senyum, ntah punya memori kali sama lagunya.

Heuheu…aku jadi senyum sendiri. Metromini 50 terkenal armadanya paling banyak buat metromini yang ngelewatin DurSa. Tapi kondisi penuh cuman saban orang berangkat dan pulang kantor, selebihnya mereka harus berjuang diantara sesama metromini buat mendapatkan penumpang. Buat usaha-usaha seperti mereka yang menawarkan jasa, apa sih yang bias membuat mereka unggul satu sama lain. Bersih? Yah….kayak ga tau ajah kondisinya metromini di Jakarta, ROMBENG!!!! Pelayanan yang oke? Ini lagi…dikasih senyum aja udah syukur, kadang-kadang malahan mereka suka korupsi kembalian. Kalo kita bayar buat 2 orang, kembalinya sering kurang Rp 100,- Buat aku sih ga masalah, tapi mas Indra……”Dasar orang Indonesia, orang kecil aja udah berani korupsi, ghimana kalo jadi orang besar”, hehehe, dia mah suka sebel liat yang ga bener trus suka protes ajah, suka malu sendiri. Mungkin bener juga ide si supir metromini, selain dia sendiri dapet hiburan (lumayan khan, apalagi kalo lagi macet), mungkin itu yang bikin dia ‘beda’ sama yang lain. Intinya mah, kudu beda…….kalo ingin menang dalam persaingan. Inget bauran pemasaran deh, khan cuma 4 P, setelah kita tentuin STP-nya (yak! yang bukan orang pemasaran, buka buku aja yah). Product, Price, Place, & Promotion. Si supir metromini ga bisa ngerubah harga (ngurangin tarif ga mungkin donk…mo digebukin sesama profesi karena ngerusak tarif), mindahin trayek ke jalur gemuk……ya nda mungkin donk, ntar kudu berurusan sama DLLAJR lagi. Tapi kalo promosi, ini yang paling mungkin dioptimalisasikan. Karena dia pake system direct selling, lewat kenek-nya dia promo metromininya. Sistem ini paling umum dipake, sales force-nya kudu punya extra power buat tereak-tereak, jadi kalo mo ningkatin skill sales force-nya, kasih aja golia atau boom, atau hexos (hehehe, biar tambah nyaring). Kalo mo lebih oke lagi, kenek-nya musti full senyum dan extra ramah (tapi apa mungkin ya…wong mereka gahar-gahar ;p)

Aku emang seneng mengamati segala hal di jalanan, berharap bisa mengambil I’tibar untuk memperkaya pengalaman hidup. Kemarin dulu aku bagi-bagi ilmu sama supir taksi. Armada yang dia punya sedan keluaran terbaru dari Toyota (hahaha, ngamuk kali tuh Astra, sedan mewah cuma dijadiin armada taksi). Dia cuma seorang supir, belum berhak memiliki ‘bawaannya’, aku ajak dia berdiskusi, kenapa pemilik perusahaan tempatnya bekerja rela meng-investasikan modalnya dengan membeli mobil baru keluaran Toyota. Karena apa? Konsumen sekarang kritis, mereka lebih memilih naik taksi dengan sedan tahun 2000-an ketimbang naik sedan tahun 90an (apalagi 80an). Makanya, perusahaan taksi yang armadanya tua, mending tutup or merger aja deh. Trus aku bilang ke si Bapak….”yang penting mah sekarang ini berani tampil beda, kalo Bapak mau…mobil Bapak di kasih full music or full berita” (tergantung konsumennya lah!). Hehehe si Pak Supir cuma senyum ajah meng-amini. Mas Indra yang bete, liat istrinya suka sok tau dan SKSD, trus dia nyolek-nyolek, “Malu….”katanya. Katanya lagi, “bawel!” heuheuheu…nyesel ya ?!

Kemaren dulu lagi ada seorang ibu yang punya warung makan di daerah Pondok Gede, aku suruh masang papan iklan yang gede, biar setiap orang pulang kantor, mampir buat beli dagangannya. Masakan dia lumayan enak, cuma tempatnya sepi. Ya udah, waktu aku kesana bareng temen-temen, sekalian aja aku kasih masukan. Ternyata usul kita tuh ga serta merta ya, di terima mereka. Eh…beberapa bulan kemudian dia bikin papan reklame seperti yang aku ajarin. Suatu hari aku iseng trus mampir makan, aku tanya perkembangannya after dikasih papan reklame. Alhamdulillah, dia bilang, warung makan dia jadi didatangi orang, karena orang jadi tau kalo dia jualan makanan. Hehehe, lucunya tiap-tiap ngelewatin warung si Ibu, temen-temen jadi ngeledekin aku “Eh, itu tuh…warung binaannya si Tita!” Di lain waktu aku kasih saran lagi ke dia buat menamai warungnya dengan menu andalannya (kayak Bakmi Japos, Bakmi GM, Soto Pak Sadi, Ayam Bakar Wong Solo), soalnya dia punya warung masih umum banget, udah gitu dia masuk di pasar Chinese food, tau sendiri donk, resto jenis ini banyak banget, jadi kalo kita ga punya specialities, ya…bakalan kelibas. Sekali lagi soal tampil beda! Tapi ide yang ini ga dia ikutin, aku juga sekarang udah jarang liat warung dia, sejak pindahan ke DurSa.

Jadi kalo mo menang dipersaingan saat ini….ya berani tampil beda lah!


No comments: