Wednesday, May 25, 2005

Belajar Jadi Tukang (hehehe)




Back from liburan seru! Hehehe, koq ghitu pembukaannya?! Iya…kemaren tuh aku sama mas Indra ngabisin long weekend sama petualangan seru ke toko-toko material. Kalo biasanya liburan tuh dihabisin jalan-jalan ke suatu tempat yang bikin mata lebih adem, yang ini engga, malahan bersibuk ria nyari pernak-pernik buat rumah kita.
Pokoknya sejak punya rumah, kita berdua jadi rajin jadi pengamat desain interior dan arsitek. Emang pengennya kita bisa terjun langsung liat sejak berdirinya tuh rumah mulai bikin pondasi sampe kayak sekarang, (Alhamdulillah!) dah bisa berdiri tegak. Biarpun yang ngerjain tukang yang notabene dipekerjakan sama pengembang, tapi seringan kita meninjau langsung pengerjaannya (kalah lah pokoknya si mandor). Sampe-sampe saking sering gaul sama tukang, kita jadi tau komposisi yang bener bikin adonan buat adukan semen (nih…kalo bikin adonan semen biasa 1 : 2 antara semen sama pasir, kalo mo bikin pondasi 1 : 2 : 3 terdiri dari split, semen dan pasir, hehehe, smoga ga kebalik!).

Terus ada lagi ilmu baru buat kita berdua, yaitu ilmu NGE-CAT. Ternyata, hasil cat yang bagus tuh ga tergantung dari merek maupun mahal-murahnya cat. Yang penting jadi perhatian itu adalah teknik pengecatan. Jadi, dinding tuh sebelum di cat (buat dinding yang sebelumnya dah di cat) sebelumnya tuh harus di amplas dulu, biar daya rekatnya lebih oke lagi, setelah itu…baru di cat. Udah gitu…perbandingan campuran cat sama air itu, airnya 10% aja. Biar ga ke-enceran. Hummmm, ternyata ribet ya? Tapi, buat kita ilmu baru tuh…jadi walaupun yang ngerjain bukan kita, paling engga kita bisa ngawasin pengerjaannya.

Tujuan jalan kita pun jadi berubah dari biasanya. Kalo biasanya yang didatengin mall-mall yang isinya orang-orang yang wangi-wangi, sekarang ini kita lebih seneng jalan ke tempat-tempat yang jual peralatan rumah tangga, dari pasar yang rame dan sempit sampe supermarket bahan bangunan!
Nah, kalo minggu kemaren ini kita hunting teralis sama curtain buat jendela, nyari tukang bikin yang ongkosnya bisa miring (maklum, soalnya anggarannya khan juga kudu dibagi-bagi sama persiapan si kakak lahiran nanti). Ternyata, kalo kita mo usaha dikit dan capek-capek, bisa lho dapetin barang dengan harga miring tapi kualitasnya tetep bagus. Masalahnya khan orang jaman sekarang mo praktisnya aja, jadi harga buat suatu barang plus ongkos kepraktisan (hehehe, males capek-capek), jadi mahal khan. Alhamdulillah aku juga ga terlalu kecapean banget (pokoknya ga mengkhawatirkan deh! Soalnya semua dinikmatin ajah), palingan akhirannya kaki doank yang jadi kram.

Pokoknya puas lah, soalnya kita berdua emang komit pengen ngerjain sesuatunya, kalo bisa (ini kalo memungkinkan) sendiri dulu, baru minta tolong orang laen, itu juga kalo dah mentok dan kita nyerah. Seru lagi…….kayaknya setiap hal yang kita lakuin buat rumah kita tuh serasa punya setorinya masing-masing (doh….romantis banget yak!). Ditambah lagi, berhubung ga ada kendaraan, jadi hunting-nya pake angkot……wuihhhh tambah seru, soalnya capeknya jadi dobel, hehehe.
Abis kelar dikasih teralis, pengennya dah mulain mindah-mindahin barang (dikit-dikit kali ya) sambil bersih-bersih, nge-cat ntar-ntaran deh….katanya kandungan dalam cat bisa membahayakan kandungan. InsyaAllah pengennya sih buruan pindah, asik euy……!!!
Jadi inget kata-katanya Ahmad Albar, “lebih baik disini……rumah kita sendiri…….” Hehehe.
Doain ya, biar semua lancar.

Note: si kakak dah mulain gerak-gerak nih…lutu ya….Subhanalloh! ajaib banget gitu lho!

No comments: