Friday, May 27, 2005

SoTo




Bukan karena bawaan hamil, pun karena ngidam, belakangan ini aku lagi keranjingan soto. Soto apa aja deh, tapi kalo soto ayam paling suka (itu lho….yang ga pake santan).
Pokoknya saban pagi diusahain beli soto ayam trus buat sarapan di kantor (sampe sama tukangnya dah dikasih member card, hehehe).
Gara-gara sering nyoba-nyoba tukang soto yang dagang di seputaran Halim, aku jadi sedikit banyak tau, bahwa ternyata Indonesia itu kaya akan resep soto. Walaupun racikannya mah ga jauh beda antara khas daerah satu dengan daerah lainnya, tapi ternyata kalo mo dicari dan digali lagi (cieeee, emang tukang sumur!) ternyata banyak banget macamnya. Isinya mah kurang lebih sama, daging (bisa sampi bisa ayam), bihun (atau soun), toge (bisa yang panjang bisa yang pendek), tomat, sisanya mah variasi, kadang dipakein telur ayam. Trus kuahnya juga beda-beda, sebagian daerah pake santan (seperti Jakarta).
Ini buktinya Indonesia itu kaya sama variasi soto, contohnya, bisa ga bedain antara Soto Kudus sama Soto Ayam Madura dan Soto Ayam Surabaya (yang ini nih, suka saling nge-klaim antara orang Madura sama Surabaya, padahal mah sama aja racikannya, hehehe). Trus Soto Lamongan, Soto Bangkong (yang ini punyanya orang Semarang). Trus ada lagi sroto sokaraja (yang ini unik banget, tapi enak tenan……slurpppp) dari Puerto Rico eh…Purwokerto deng, hahaha. Yang rada beda mungkin soto Bandung, soalnya isinya beda dari daerah lainnya, lobak sama kacang kedele. Soto Jakarta juga beda, soalnya pake santan dan isinya jeroan (hiiiiii, musuhnya orang kolesterol).

Nyebrang dikit ke Sumatera, ada soto Padang sama soto Medan. Yang pasti seperti masakan Sumatera pada umumnya, soto daerah ini full rempah!!!
Trus di Medan atau orang Melayu pada umumnya, ada yang namanya Laksa, menurut aku sih racikannya sama dengan soto ayam, bedanya masakan ini pake santan, jadi gurih buanget.
Nyebrang jauhan dikit, ada yang namanya coto Makasar, isinya….hummmmmm iga sampi, enak sih, lemak nian kalo orang Medan bilang.

Sebagai penggemar soto, hampir semua yang aku sebutin dah pernah aku cobain, kalo ada yang kelupaan, pastinya karena emang aku belon pernah nyoba (hehehe, ditunggu kiriman rantangnya dari yang tau jenis lainnya!).

Nahhhhh, buat weekend ini, aku mo berbagi resep warisan mertua, yang kalo dia yang buat sih enak ya…..ga tau kalo beda tangan. Soto Padang, yang bikin unik, daging atau paru yang dijadikan isinya harus kriuk-kriuk di mulut.
Ini resepnya:

Soto Padang
Bahan:
600 gr daging (bisa diganti paru)
2 bh pekak
2 bh kapulaga
2 bh cengkeh
1 ltr air
minyak untuk menggoreng

Bumbu perebus daging:
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Haluskan:
8 btr bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit
2 cm lengkuas
2 btg sereh, ambil bagian putihnya memarkan
4 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
· Rebus daging dalam bumbu perebus hingga empuk. Angkat dari kaldu, potong tipis dan goreng hingga renyah.
· Tumis bumbu halus hingga harum masukkan kedalam kaldu, tambahkan cengkeh, kapulaga, daun jeruk, daun salam, sereh, garam dan merica. Masukkan daging kembali ke dalam kaldu dan didihkan
· Angkat dan sajikan dengan pelengkapnya :

Ø 50 gr soun
Ø perkedel
Ø daun bawang, iris tipis
Ø jeruk nipis
Ø kerupuk merah (yang biasa buat asinan tuh, bukan yg buat gado-gado ya...)
Ø sambal goreng

Met nyoba, dan have a nice weekend buat semua............;)

3 comments:

Zubia and Yusuf's Mom said...

Assalamualaikum mbak Tita, sehat aja kan?

Waduh, udah kangen berat nih sama soto.-D Ntar kapan-kapan boleh dicoa ya mbak resepnya:-D

Kehamilannya sehat aja tho?

Anonymous said...

sip ntar dicobain ta. aku juga paling demen soto..abis bisa maemnya berair..alias nasi berenang..dan sambel. ehm..mantep ..tep tep..:))

lelbih suka lagi kalo gak perlu bikin..;) abis perkedelnya ribet buatnya. nanti nyoba buatan tita aja ya..;)

tapi bener tuh bukan bawaan hamil??sun sayang buat yang di dalam perut...dah makin heboh nendang2nya pasti ya..

duh..kebanyang...:)

-ari-

depot pulsa said...

ya indonesia emang jagonya kuliner