Monday, October 11, 2004

Countdown to RaMadlon




Seneng ga sih dah mo Ramadhan lagi……. Buat aku Ramadhan tuh bulan kontemplasi, di bulan ini aku berani minta waktu sama boss aku buat lebih lama di mushala or make waktu luang aku buat tadarusan. Ramadhan juga means ngumpul sama keluarga atau kerennya Bulan Konsolidasi. Bisa ngumpul bareng di meja makan, both sahur dan ifthor, liat perilaku anggota keluarga yang lain di meja makan, cuma……Ramadhan kali ini aku dah ga semeja lagi sama papah & mamah. Pastinya akan berbeda dengan Ramadhan yang sudah aku lalui kemarin-kemarin ini.

Kalo dulu, Ramadhan means liburan di rumah Embah, soalnya jaman aku kecil khan saban puasa, saban liburan sekolah, jadi seringan puasa di rumah Embah, bareng sepupu yang laen. Buka puasa pake srikaya, es timun suri sama es blewah.
Pengennya juga Ramadhan kali ini aku mo ngebiasain tradisi kayak dulu itu, ngumpul bareng sekeluarga, papah, mamah, wida sekeluarga, aku sekeluarga, trus sama nugie. Aku sama wida bawa lauk yang beda-beda, jadi mamah tinggal nyiapin minum sama nasi. Wuihhhhhh nikmat kali ya…trus teraweh bareng deh, mas Indra or papah yang jadi Imam. Mudah-mudahan di izinkanNya ya?!
Kalo dulu teraweh di rumah Embah bareng ibu-ibu tetangga Embah. Imamnya perempuan, guru ngajinya Embah, namanya Mak Imot, dulu sih udah tua banget, tapi Subhanallah, sampe akhir hidupnya dipake buat ngajar ngaji orang-orang. Meninggalnya katanya kesenggol motor, kata Embah sih syahid, soalnya waktu mo berangkat ngajar ngaji sih, aku masih kecil banget waktu itu, jadi ga gitu inget.

Udah gedean dikit, Ramadhan means tambahan tugas buat nyatet nama ustadz sama materi yang disampein waktu taraweh plus laporan kegiatan Ramadhan. Trus ngantri deh…minta tanda tangan Imam sama Khotib-nyah. Itu masa-masa SD, kalo masa SMP sama SMA-nya, Ramadhan means pesantren kilat, heuheuheu, masa-masa ngeceng sama ikhwan salafy (ampun dah si Tita!). Jadi Ramadhan dimanfaatin ikut kegiatan di masjid deket rumah, lumayan-lah jadi waktu bukanya ga terasa.

Trus…..udah nyiapin apa buat Ramadhan kali ini?
Diri…itu mah kudu! Udah kirim2 sms sama imel ke beberapa sahabat buat minta maaf dan mengucapkan selamat Ramadhan. Acara silaturahim yang aku datengin belakangan (termasuk undangan hajatan) alhamdulillah bisa jadi ajang minta2 maaf dan selamat puasa (InsyaAllah ya?!), kayaknya mah ngga ada yang kelewat (InsyaAllah).

Fisik? Mmmm……lumayan lah, belakangan jadi rajin jalan kaki, biar lebih segeran, trus latian ga ngiler liat orang makan enak dipinggir jalan (hehehe, kayak anak kecil aja ya?!).
Ramadhan taon ini adalah Ramadhan pertama aku lewatin sama mas Indra (InsyaAllah), kalo dulu ada sahur-call dan tahajud call, sekarang ga perlu lagi, tinggal nyolek ato nyikut (yang ini kalo udah kebangetan susah banget dibanguninnya).

Ilmu? Ayo…..kita buka-buka lagi risalah puasa (kumpulannya InsyaAlloh masih ada di file kompi di kantor), sambil diskusi sama temen, saling ngingetin yang mungkin ada yang kelupaan.
Yang paling susah kali nyiapin hati ya?! Ini nih yang dari dulu paling susah dikendaliin. Yang kerjaannya bete lah, ga sabaran lah, misuh2 lah….pokoknya susah banget. Pengennya sih balik ke Ramadhan 2 tahun lalu (sedikit lebih sabar, walaupun ujungnya malahan dapet cobaan yang berat buanget). Bener lho…Ramadhan 2 taon yang paling baik menurut aku, smoga taon ini minimal ada peningkatan dikit lah comparing 2 taon lalu.
Pengennya mah sama mas Indra kita back to Masjid, sebagai pusat pembelajaran, ya ikutan tausyiah, ya sholat berjamaah (soalnya sekarang ini yang suka sholat di masjid cuma mas Indra doank), trus kalo boleh ikutan I’tikaf (tapi kata mas Indra, perempuan mah sebaiknya ibadah di rumah ajah). Trus pengennya, kegiatan kayak Ramadhan gini masih lanjut hingga ba’da Ramadhan. Mudah2an ya?! Dikasih kesehatan dan kesempatan sama Allah.

Udah persiapan beli bahan makanan kering juga, kayak abon (thx Mba Sylvie buat promo-nya di waktu yang tepat, It’s worth mam!), sambal goreng teri medan (ini spesial buatan mamah), peyek (yang ini mesen sama Pak Salim), abis takut kesiangan bangun dan belon sempet nyiapin makan sahur. Biarpun ada Sumi, aku juga tetep wajib turun tangan mikir…”sahur pake apa yaaaaa kita hari ini” biar cuma nyuruh, yang penting ada pendelegasian tugas, jadi dia kerjanya ga ngaco. Apalagi kalo ntar mas Indra mo I’tikaf…aku kudu liatin makanan apa aja yang dia siapin. Mungkin buat sahur aku bakal minta dibuatin sayuran berkuah (minimal timun rebus yang ditaburin garam, biar ga haus). Kalo buat buka mah InsyaAllah relatif lebih mudah dan ga mikir banyak (lagh pan ada tukang sate ama tukang rawon yang mangkal di depan gang).

Kemaren juga udah nyempetin waktu beliin ponakan-ponakan baju buat ke masjid. Si Gagah juga aku beliin, lucu lho…akhirnya nemu juga baju koko buat anak umur setaon di Al Fath Rawamangun, setelah keliling ITC Cempaka Mas. Aku juga janji sama Sasa & Ozan, kalo puasa mereka poll kali ini mo aku kasih hadiah lebaran ;)

Ramadhan di kantor juga mulai keliatan rame, kebetulan juga bantu-bantu ngurusin, pengennya mah minimal bisa kayak tahun lalu, ada ceramah, makanya kita semua lagi sibuk nyari ustadz dan nyari tambahan dana. Alhamdulillah dibantu temen-temen persiapan udah lumayan komplit. Trus tumben2an, taon ini dapet dana dari kantor (Alhamdulillah), ajdi kebeli deh tape buat ngerekam ceramah.

Aduh… kayaknya bahagiaaaaaa banget Ramadhan kali ini, smoga kebahagiaan ini semakin lengkap dengan waktu yang diberikan kepada aku dan mas Indra untuk menggapai Cinta-Nya bersama-sama. Pengen ghitu lho…..suasana mo Ramadhan semeriah suasana mo Tahun Baru-an. Bisa ga yaaaaaaaaa.

Allahumma baariklanaa fii Rajab wa Sya'ban wa ballighnaa Ramadhan.
" Yaa Allah berkahi kami dibulan Rajab dan Sya'ban, dan pertemukan kami
dengan Ramadhan “


No comments: