Thursday, October 21, 2004

Dari Diskusi Semalam




Engga terasa ya…Ramadhon kali ini sudah sampai hari ke-7, sebentar lagi 10 hari Ramadhon pertama berlalu sudah.

Tadi malam, kelar Tarawih berdua sama mas Indra, ada satu wacana yang sampai hari ini masih membuat kami berpikir dan pengen tau jawaban dari ulama (atau orang2 yang ilmunya lebih banyak dari kita).
Kita semua umat Islam meyakini bahwa Al-Quran itu diturunkan Allah sepanjang umur dunia dan umat manusia, jadi sejak kehidupan ini ada di dunia dan hingga kehidupan nanti berakhir, pastinya Al-Quran akan tetap relevan dengan kehidupan berjalan (even di masa yang futuristic banget!).

Kita berdua tertarik dengan keberadaannya manusia purba (cave man) dihubungkan dengan penciptaan manusia pertama Nabi Adam A.S dan firman Allah QS.2:30 (kira-kira isinya begini),

ketika Allah mengabarkan kepada malaikat tentang akan dijadikan-Nya
khalifah di muka bumi, malaikat mengatakan, "Mengapa Engkau hendak
menciptakan (khalifah) di bumi ini orang yang akan membuat kerusakan padanya
dan menumpahkan darah?"

Pertanyaan yang menyeruak di benak kami berdua, kalo emang Adam A.S manusia pertama, trus siapa doank yang dipertanyakan malaikat? Kayaknya jarang (kami sendiri sih belum pernah ketemu) Ulama yang membahas masalah ini. Menurut kami, sudah pasti Adam A.S adalah manusia pertama ciptaan Allah SWT (iya donk….mana mungkin Qurán bo’ong). Trus yang dilihat sama malaikat itu….yaaaaa para manusia purba itu! Dari fosil yang ditemukan arkeolog, struktur tulang mereka hampir sama dengan manusia, makanya mereka termasuk HOMO ERECTUS atau PHITECANTROPUS ERECTUS (karena sudah berjalan tegak). Tapiiiiiii mereka bukanlah HOMO SAPIENS atau bahasa latinnya golongan manusia seperti kita ini. Ingat penelitian Darwin yang bilang nenek moyang kita ini kera. Buat kita……..firman Allah SWT dalam QS2:30 sekaligus menyatakan bahwa teori Darwin tersebut TERBANTAHKAN.
Kenapa? Nabi Adam A.S ketika diciptakan Allah SWT sudah bisa berpikir dengan baik, dia sudah bisa berbicara dan beriman kepada Allah SWT, beda sama golongan kera tersebut, entah itu manusia Cro-Magnon or Manusia Lembah Neander (yang katanya moyangnya orang Eropa), or Sinanthropus seperti Homo Wajakensis or Homo Soloensis (hayooooo yang orang Jawa…mau engga disama-in sama manusia purba, kalo eku sih, ENGGAAAAAAA). Sedangkan manusia purba itu sifatnya lebih seperti binatang (brutal, destruktif, dan impulsive sexuality…hehehe artiin sendiri), mana mungkin seorang Nabi Adam A.S yang dididik langsung oleh Allah SWT punya sifat seperti binatang (khan kata sejarahwan, manusia purba gaya hidupnya lebih kebinatangan, karena emang mereka hidup bersama-sama binatang). Namun begitu…dalam perjalanan zaman, kita engga pungkiri banyak manusia sekarang yang punya sifat seperti manusia purba. Tapi tetap aja mereka termasuk spesies HOMO SAPIENS yang spesiesnya manusia modern. Lagi pula, Darwin sendiri khan menemukan adanya “The Missing Link” jadi seolah ada rantai yang terputus dari evolusi manusia purba ke manusia moderen.
Kita berdua sih berpendapat, bahwa manusia purba itu bukan termasuk manusia moderen.

Trus mengenai apa yang diliat malaikat, kalo kita berdua pikir, yang diliat malaikat itu ya si manusia purba itu. Karena sifat mereka yang brutal, destruktif dan impulsive sexuality, makanya malaikat prihatin, nanti manusia ciptaan Allah SWT itu cuma bisa merusak saja di bumi dan berperang aja kerjanya. Padahal, manusia yang akan diciptakan Allah itu (Nabi Adam A.S), diciptakan Allah dengan akal budi, jadi (seharusnya) mereka tidak akan merusak di muka bumi ini.
Kita sebagai umat Islam hendaknya tidak menafikkan data-data keberadaan manusia yang sudah ada sejak jutaan tahun lalu (jauh sebelum Nabi Adam A.S, beliau sendiri khan diciptakan Allah ribuan tahun lalu), namun tidak juga terjebak pada cara berpikiran ilmuwan barat yang materialistis.

Jadi dalam pikiran kami…apa yang dilihat oleh malaikat itu adalah manusia purba, sedang Nabi Adam A.S adalah ciptaan Allah paling sempurna (baca: manusia atau Al Insan), dan dialah manusia pertama! Manusia purba bukan termasuk golongan manusia (?). Jadi…kalo ada manusia yang brutal….destruktif dan impulsive sexuality artinya dia yang keturunan manusia purba….bukan Adam A.S, hehehe becanda! Ya pokoknya ga bisa disamain sama HOMO SAPIENS deh.

Kita berdua masih pengen bawa wacana ini ke orang yang emang ahli (ya ahli agama tapi yang ga tertutup buat diskusi yang kayak beginian), masih pengen diskusi, sapa tau pendapat kami salah. Hummmmmm…………… (sambil megangin kepala yang ga gatel) masih penasaran niiiii…….
Sekali lagi kami cuma 2 anak manusia yang dhoif, yang pengetahuannya terbatas. Kebenaran hanya ada pada Allah semata……


No comments: