Wednesday, January 05, 2005

Tutup Buku means Mabok ;p




Nasib jadi seorang accountant, kalo udah akhir bulan, apalagi tutup buku seperti sekarang gini, udah dipastikan…..SIBUK BERATTTTT.
Lembur udah bisa dipastikan hampir tiap malam, selama seminggu (tergantung load kerjaannya sih). Aku biasanya udah nyicil dari akhir tahun, jadi awal tahun tinggal bikin adjustment aja. Yang bikin mabok, adalah saat-saat seperti ini, laporan akhir yang aku dan teman-teman buat harus free from misstatement and error, soalnya yang nuntut itu bukan hanya manajemen, tapi juga auditor dan share holder. Pfiuffff…..apalagi tahun 2004 kemaren banyak banget pesawat yang dijual, trus bayarnya offset sama utang, bete!!! Memaksa aku buat stay lebih malam di kantor.

Perasaan dulu tidak pernah terpikir buat jadi seorang tukang catat duit orang (iya khan…yang dicatat seorang akuntan bukan duitĂ© dewe toh?!). Dulu cita-cita pengen jadi engineer…electro engineer, soalnya terinspirasi papah yang selalu berkutat dengan instrument radar, minimal bermanfaat bakal ngereparasi tipi sama radio di rumah. Nasib, ga keterima UMPTN trus malahan mengarahkan aku untuk menimba ilmu di fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Itu juga ga sengaja, soalnya pengen masuk fakultas teknik, tapi ga boleh sama mamah, kata mamah, “jangan….ntar kalo kuliah di elektro trus brenti di tengah jalan, mo jadi tukang solder? Kalo di ekonomi khan misal ga kelar masih bisa kerja kantoran.” Dasar aja aku anak penurut, ya udah trima usul mamah masuk jurusan akuntansi. Trus juga dikasih contoh Bi Nining, adiknya mamah yang juga jadi akuntan di sebuah bank asing, duitnya banyak, heu-euh aja aku trus nurut. Jadilah kuliah di jurusan akuntansi.

Trus dengan berjalannya waktu, jadi ngerti kalo seorang akuntan tuh ga hanya kerja dibelakang meja aja. Dengan menjadi seorang auditor, bisa keliling Indonesia, trus kerjanya ga melulu di belakang meja.
Hehehe, 3 bulan nyoba jadi auditor malahan mabok, abis pulangnya selalu di atas jam 10 malam. Teler donk! Jadi mikir, gimana kalo berkeluarga yaaaaaaaa.
Akhirnya masuk perusahaan, tempat aku kerja sekarang. Emang sih, kerjanya ga seberat auditor. Masih sempat pulang jam 5 teng-GO. Hanya di periode laporan aja pulang telatnya, itu juga tergantung, kalo load kerjaan aku bulan itu banyak, kayak ada penjualan pesawat atau terjadi sesuatu pada persediaan spare parts yang mengharuskan diadakan stock take. Selebihnya mah santai.

Tapi, ini kali adalah kali pertama aku lembur setelah nikah. Duhhhh, koq capek banget ya…dan merasa bersalah gitu sama mas Indra (walaupun dia pulang telat juga, diuber kerjaan dari BI).
Jadi dosen? Enak siy…….hanya kali ini lagi bosen, soalnya waktu liburan di akhir minggu jadi kesita sama urusan ngajar.
Mungkin lebih enak kerja dari rumah ya, kayak jadi penulis, kontributor, designer, konsultan, pokoknya segala kerjaan yang bisa dikerjain dari rumah. Pokoknya hanya bermodal komputer, modem, sama keahlian kita deh……..
Atau…enakan di rumah ajah, saban bulan trima duit yang banyak…bisa senang-senang, ga mikirin yang bikin kepala jadi meledak…..mengkhayal ajah! Bersyukur aja lah…..

Udah ah…pengen pulang cepet…kayaknya bentar lagi ini kepala mo meledak!!! Terusin besok lagi aja deh :)


No comments: