Thursday, July 01, 2004

Sup Jagung


(kayak gini nih yg kemarin aku buat)

Rabu kemaren aku ngga ngantor. Bolos. Nemenin mas Indra operasi gigi di RSCM. Mas Indra masuk kamar operasi jam 10.05, trus keluar kamar operasi jam 11-an. Cepet ya, itu juga krn dah janjian dulu sama petugasnya. Waktu mas Indra masih di dalem, kebeneran pintunya kebuka dikit, jadi aku bisa liat dia lg "dikerjain" sama "tukang jagalnya". Mukanya ditutup, persis kayak lagi eksekusi (hehehe). Aku juga liat waktu giginya dicabut, soalnya dokternya ngangkat tinggi2x gigi yg gede banget dan berdarah-darah.

Keluar dari kamar operasi, dia ga bisa ngomong. Gusinya masih berasa ba'al (baca:kebal). Jadi urusan ke kasir sama ambil obat aku yg take over.

O iya, waktu mas Indra di kamar operasi, ada ibu2x crita, katanya dia abis dibentak2x sama suster yg jaga poli gigi. Kasian jg sih, sepantaran mama aku. Katanya dia diomelin gara2x nyari anaknya di dalem kamar praktek. Lagian anaknya badung, waktu dia dipanggil, dia ga ada di deket poli, malahan ngelayap entah kemana. Keruan aja ibunya nyariin. Udah dia lari2x naek turun tangga, eh.....dibentak2x pula. Aku cuman bilang gini sama ibunya, "biasa Bu, namanya juga rumah sakit pemerintah (deu, yg biasa ke RSPI, belagu!!!). Eh dia jawab dgn nada meninggi "tp ga bisa gitu donk mba, mosok mentang2x milik pemerintah trus bisa seenaknya sama pasien. Kita khan juga bayar, bayar mahal juga!"
Huahahaha, kalo aku mah dah ngertiin resiko berobat ke rumah sakit pemerintah. Pasti bakalan ga ramah dan ga cooperative (mungkin petugasnya kudu di tentir service excellent dulu kali yaaaa).
Trus dia ceramah deh, aku mah dengerin aja, itung2x ngebunuh rasa bosen nunggu yg diuperasi.

Pulang dari RSCM, aku mampir ke Hero Megaria, beli bahan2x buat bikin sup jagung (pan sayang ama suami ceritanye....).

Abis itu qta lgs cabut, naek taksi. Nyampe di rumah, aku instirahat bentar. Jam 3 sore, aku mulai sibuk di dapur. Ini resepnya.

Sup Jagung (smoga) ala Kentucky

Jagung muda 5 buah
Daging dada ayam (yg udah di fillet aja) 3 ons
Terigu 100 gr
Mentega 100 gr
Telur ayam 4 butir (dikocok)
Bawang Merah 8
Bawang Putih 4
Merica & Garam (secukupnya)
Susu Ultra 1/2 liter aja
Seledri diiket

Cara membuatnya, bawang merah & putih diulek bareng sm merica. Terigu digoreng pake mentega, aduk rata trus dicampur dengan 2 gelas belimbing air sambil trus diaduk. Jagung muda dipipil. Dada ayam di potong kecil2x trus direbus barengan jagung. Kalo dah mendidih, campur sama terigu & mentega. Aduk trus sampe rata, trus masukin ulekan bawang. Aduk trus, masukin telur kocok sambil trus diaduk. Terakhir masukin susu sambil trus diaduk. Sediain panas2x.

Banyak banget jadinya, tadi pagi pun qta sarapan pake sup itu. Cuman ternyata, sup jagung itu harus dimakan panas2x dan ga bisa dibiarin dingin. Soalnya krn disemalemin, sup jagungnya jadi brindil2x, kayaknya sih dr telurnya.

Full gizi bgt ini sup. Yg lucu, mama makannya ngumpet2x (heuheuheu, gengsi yaaaaa, malu mengakui menantunya pinter masak, hush! negthink aja neh!). Dia bilang, "enak ya Ta......"
Iya donk...sapa dulu yg masak, mantan koki kentucky......

Buat aku mah yg penting mas Indra gizinya tetep terjaga, biarpun lagi ga bisa makan enak. Heuheuheu, lucu deh, pagi ini pipi yg bekas operasi mulai bengkak. Itu mukaaaaa, pipi smuaaaaaaa.

No comments: