Wednesday, July 28, 2004

Our BiG FamilY


The picture has taken after attending grad party-nya nugie

Liat gambar di atas bukan bermaksud mo ‘congkak dan sombong’ (minjem bahasanya Ponco), itu poto keluarga besar aku (kalo aku bilang ‘Balada si Doel’). Awalnya kami Cuma berlima, Babe (biasa qta panggil papah), maknyak (mamah – the super women), aku (hehehe ‘Ny. Surya lah yaow!), wida, dan si buncit tapi skr dah gede nugie. Sekarang ini anggotanya udah bertambah 3 orang, (dari ki-ka ya critanya).
 
Paling kiri berdiri, Pras, suaminya wida. Guede ya doski ;p , kalo sodara2 manggil si ‘kembarannya’ taufik kiemas. Mereka pacaran 6 taon dan baru 11 November 2001 mereka nikah (gila ya, aku aja sampe bosen, soalnya aku dah ganti pacar berkali2, eh si wida mah teuteup setia).Pras tuh orangnya bela banget sama sodara, aku inget gmn dia encourage aku waktu mobil aku ditabrak sama istri seorang perwira tinggi di halim sama terakhir waktu aku menghadapi ‘hari besar’ ku. Dia dan wida yg membuat aku sadar kalo aku ngga sendiri, aku masih punya sodara, yg mo berbagi kesusahan.

Sebelah Pras, Papah, si boss besar yg keras hati, agak ngeyel, dan punya dignity yg tinggi (maklum bekas ABRI). Paling sering ribut sama aku (kata mamah, aku tuh sifatnya ‘plek' papah), tapi dia paling sayang sama aku (kata papah, aku anak kebanggaan dia, if I hurts, he’ll hurts, gile yeeeee, emangnya TITANIC). Papah tuh bukan manusia sempurna (jauh banget malahan), tapi papah tuh mengajari kami tentang cinta, pernah dulu aku mengalami masalah berat sama mamah, papah lagi di semarang, percaya ga sih kalo qta tuh surat2an nyelesein masalahnya, akhirannya malahan tangis2an di depan papah. Tapi dibalik kekakuan papah tuh ada kelembutan seorang laki2, dia tuh selalu ngasih advis dan pandangan ke aku dari sisi laki2, sedikit banyak aku kenal laki2 dari papah.Sampe sekarang, kalo aku ada masalah sama mamah, papah tuh ngebantu ngasih advisnya dengan cara unik dia, saat kami pergi cuman berdua aja. Di jalanan itu lah dia kasih nasehat yg lebih kayak doktrin ke aku( emang agak maksa si…tapi it’s worth lah!). Soalnya udah sering kejadian kalo aku dibilanginnya di depan mamah, yg ada malahan jadi maen keras2an sama mamah dan malahan urusannya jadi lebar kemana2.Tapi dibalik itu smua, dia cuma papah, seorang lelaki tua yg punya segudang kelemahan, yg sebentar lagi usai sudah tugasnya (kata papah tinggal siap2 ‘pulkam’). Dan aku tetap cinta dia.

Laki2 ketiga di foto itu nugie, paling bontot, kesayangan mamah, tapi ga manja. Lebih dewasa dari aku dalam memandang hidup, dan paling sering nasehatin aku. Cita2nya cuma satu, “Bikin bahagia papah sama mamah” dengan cara dia. Paling gaya abis…(based on testimony most of all his friend), paling ga suka dan marah kalo diceritain ke orang2 sama mamah soal sekolah dan prestasi dia (kata dia, I’m just ur ordinary son mom! Nothing special…..It’s Him, who gave me the chance). Dia nih orang kedua setelah papah dan wida, yg omongannya aku dengerin. Kalo mamah feel stuck with me….cuma dia yg bisa bikin hati aku luluh (ga ngerti nih anak, tua banget dari umurnya).

Mas Indra, anggota terakhir yg masuk keluarga besar kami. Suami yg….kata dia sih biasa aja, tapi buat aku luar biasa. Penuh pengertian, lembut, tapi keras sama pendiriannya. Ternyata enak ya menikah, aku jadi punya temen tempat bertukar pikiran. Trus kalo lagi bete dia yg netralisir (ato mungkin juga krn usia kami yg jauh beda, jadi dia ngemong banget). Cuma yg bikin aku gerah tuh kebiasaan dandannya dia yg ajaib, slebor pisan. Kayak di foto ini, cuman dia yg ga mo pake jas, gerah alasannya.
 
Depannya mas Indra, aku (hehehe, the nyonya rumah), ga banyak comment lah. Biasa dipanggil teteh sama seluruh keluarga, krn paling sulung. Paling keras kepala dan paling ngeyel. Harusnya jadi panutan, tapi lama2 jadi kecapean (khan cape musti tampil perfect trus).

Sebelah aku mamah, The Ibu Suri. Mamah tuh cuma perempuan biasa, tapi yg bikin aku salut adalah soal management waktunya. Dia kerja, tapi dia masih bisa maintain anak2nya (kecuali aku) buat dapet full ASI dan perhatian. Smua anak2nya dapet full perhatian sama dia tanpa terkecuali, termasuk aku. Sampe aku sekolah S2, mamah masih mau nganter aku ke kampus, pun waktu kemarin ini ada interview, dia rela nungguin di pelataran parkir sebuah gedung megah di Jakarta. Sama dan nugie juga gitu. Dia tuh tipikal pekerja keras yg selalu kepingin anak2nya maju dan lebih dari dia (abis dia khan DO waktu kuliahnya dulu, dan ga pengen anak2nya ngalamin itu), dia bela2 in kerja jauh sampe ke cengkareng sampe malem pula. Pada saat itu kadang2 bikin aku suka mo marah….mamah dimana sih…di saat aku butuh dia, eh dia malah sibuk kerja. Belakangan aku malahan bersyukur punya mamah seperti dia. Karena dia aku bisa seperti sekarang ini. Mamah tuh keras (ngeyel sih tepatnya), disiplin banget (namanya juga mantan tentara), titahnya adalah sabda sang pandito ratu. Aku ga pernah malu punya ibu seperti dia (walaupun pekerjaan lapangan pun pernah dilakoninya demi sekolah anak2nya). Satu hal yg tanamkan olehnya adalah rasa persaudaraan diantara kami. Dia selalu menanamkan untuk saling menyayangi diantara kami bertiga. Mamah ga pernah mengajarkan dendam (sampe kami pun ga kenal kata itu), dan melarang qta membalas orang yang pernah menyakiti qta (malah kudu berbuat baik sama mereka itu). Yang bikin aku salut lagi, mamah selalu bisa menjaga kami dan mengambil alih tugas papah, yang kala kami masih kecil2 sering tugas jauh dari kami dalam jangka waktu yang lama dan sering (kayak benerin pagar belakang rumah, duhhhh wonder women ga sih?!). Mamah rela ngorbanin karirnya (waktu itu dia ada tawaran untuk sekolah jadi perwira tapi ditolaknya, demi anak2nya).Tapi kadang2 mamah suka ga jelas, kalo udah maunya……..dan ga diturutin suka uring2an gitu. Nugie lah yg suka qta majuin buat kasih pengertian ke mamah, karena emang cuman dia yg bisa.

Sebelah mamah, yg ndut, Wida, adikku yang sekali lagi lebih dewasa dari aku. Aku banyak belajar dari dia, pun soal kehidupan perkawinan dari dia (mungkin InsyaAlloh nantinya tentang membesarkan anak). Dia insinyur sipil, yg kerjaannya nge-cek jalanan proyek pemerintah. Masih idealis (smoga terus gitu sis!) dan paling hati2 sama harta orang. Mending dia ngalah daripada harus nyakitin orang. Dia memang belum berhijab seperti aku (tapi keinginan itu udah ada), tapi cara dia berpikir, terkadang lebih Islami dari aku (sampe mas Indra juga takjub…..ga nyangka katanya). Tapi dia selalu merendah, karena memang dia sadar, dia belum lah apa2 dibanding yang lainnya.Soal idealis juga berlaku dalam hal mendidik anaknya. Sampe hari ini dia masih setia nyusuin gagah anak lelaki pertamanya. Kata dia, “Khan Nabi yg nyuruh Teh!”Paling royal sama sodara (“duit khan ga dibawa mati Teh!”) terutama sama embah, kayaknya dia sama mas Indra yg paling peduli kalo di keluarga kami.Dari semua anggota keluarga, cuman sama dia komunikasi paling lancar, soalnya selain telpon2an kalo kangen, qta jg keep on contact via YM.

Terakhir yg paling lutu…Gagah. Anaknya wida, anggota terbaru sebelum mas Indra. Belum bisa banyak, cuman bahasa bayi. Terakhir kata wida dia udah bisa bilang “Dah…..” setiap abis dikasih ASI ibundanya. Belakangan ini lagi hobi renang.
 
Kami bukan keluarga ideal, keluarga kami jauhhhhhhh dari sempurna, tapi kebersamaan diantara kami, paling tidak bisa menjadi cermin bagi kami masing2 untuk menata hidup kedepan dan bersyukur atas karuniaNya yg begitu besar kepada kami.

3 comments:

Anonymous said...

Nice site!
[url=http://flgozlei.com/gmwt/vrku.html]My homepage[/url] | [url=http://yshqeypl.com/nulm/mrta.html]Cool site[/url]

Anonymous said...

Thank you!
My homepage | Please visit

Anonymous said...

Good design!
http://flgozlei.com/gmwt/vrku.html | http://zvsfmyzv.com/hwsz/vxjc.html