Wednesday, August 11, 2004

Gila!!!!





Baca tulisannya Bayu Gautama di oase iman, salah satu rubrik di era muslim kemarin, kayaknya koq miris banget ya? Tentang anak2 yang harus bekerja untuk membiayai sekolahnya. It happens in my surrounding lho!

Kemarin dulu ini aku dapat imel dari nugie tentang juara lomba olimpiade fisika yang kebingungan mo sekolah di ITB. Beberapa hari yang lalu baca sama denger berita ibu hamil yg bunuh diri gara2 ga mampu biayain sekolah anaknya, ironisnya tuh tetanggaan sama kepala Dinas Pendidikan PemKot Bekasi. Trus kemaren, si mama laporan mahasiswa UI pada demo nuntut uang masuk yang range-nya antara 5 sd 25 jt agar diturunin (gila ga sih, bayangin waktu aku masih jadi mahasiswa sana taon 1994, jaohhhh).

Itu yang dari media massa, waktu taon ajaran kemaren, rame2 temen kantor minjem duit buat daftarin anak2nya sekolah. Si Fairy kemaren dulu juga ngeluh sama mama soal uang masuk sekolah si ozan yang katanya gede banget.
Menyikapi itu semua, aku sama mas Indra berasa dapet ‘blessing in disguised’, iya ya…sementara orang2 pusing dengan uang sekolah anak2nya, aku dan mas Indra ga ikut dipusingin sama biaya sekolah yg melangit. Hikmahnya kita jadi lebih kenceng prepare itu buat our future children.
Si Dora yang suaminya lagi ngambil spesialis juga pernah cerita, katanya buat ngambil spesialis, setiap semesternya makan biaya sampe 20 jutaan, coba aja, gimana orang yang ga mampu tapi pinter bisa jadi dokter spesialis…pantes aja sekarang ini kesehatan malahan jadi bisnis (huh!).

Gimana Indonesia mo maju ya……buat sekolah aja susah, padahal mereka lah kelak, anak-anak itu, yang akan menggantikan generasi sekarang kayak kita2 ini. Emangnya mau orang yg asing yg jadi boss, sementara kita orang Indonesia, yg notabene yang punya negeri ini cuman jadi staf-nya aja (cieeee pengalaman pribadi ni yaaaa).
Bener kali ya perkiraan para ahli, bakal ada lost generation 30 taon mendatang. Gila!!!


No comments: