Thursday, August 12, 2004

WorkiNg FoR PleaSuRe



“Ta…ntar siang jalan kemana lagi?” pagi2 mba Sofie udah nanyain aku rencana kita hari ini.
Udah beberapa hari ini aku berdua mba Sofie ngabur sebelum jam istirahat. Badung yak! Biarin aja, kalo aku sih kompensasi ga dikasih cuti. Lagian Pak Deddie juga kebangetan, mosok aku ngajuin cuti 5 hari, kata dia, “engga ah, ga ada yg bisa ngerjain kerjaan kamu…”
Lagh?! Gimana kalo aku cuti melahirkan yg 3 bulan tea gitu? Alhasil aku menyiasatinya dengan cari kesenangan (baca: pleasure) dengan jalan2 selama jam kerja.


Hari Selasa aku langsung nunjuk tangan tinggi2 waktu ada tawaran ngurusin kerjan di BSM, asik, BSM means lunch bareng suami! Biar ga dapet mobil kantor, aku minta anterin Uni Sophie denganTimornya, aku traktir makan siang plus kasih ongkos tol dan bensin.

Kemarin Rabu juga ghitu, jam 11.30 aku dah ngabur sama si Uni, makan soto mie di depan Tip Top Pd Bambu, trus kita makan mpek2 di depan Bakmi Margonda jatiwaringin (busyet…gembul amat yak).

Selama diperjalanan ada pembicaraan menarik antara aku dengan Uni.

+ “Ta…kamu kerja buat apa sih”
- “Maksudnya mba? Ya buat cari duit lah!”
+ “Aku sih engga Ta….buat aku sekarang ini, kerja adalah for Killing Time!”
- “Heh?! Kamsud?” kata aku ngga ngerti
+ “Sekarang gini Ta…..aku nih udah tua, bentar lagi 40, suami aku bentar lagi juga pulang (dia tugas di Tunis sebagai diplomat), trus aku bakal dibawa for the next posting. Uang mah InsyaAlloh cukup deh Ta! Lagian ada suami ini yang wajib cari kerja. Jadi buat aku…sekarang ini, aku kerja cuman killing Time”

Bener juga sih omongan dia. Kemarin Mas Riris cerita, sepupunya yang usianya middle 30 ghitu, meninggal karena serangan jantung. Dia kerja di Bank Niaga (jadi inget kerjaan Mas Indra di bank yang bisa sampe malem ghitu baru kelar), dan super sibuk banget sama kerjaannya. Trus adeknya Uni Sophie sendiri yang umur 24 dah kena stroke (dia kerja di bank juga). Di kantor aku, orang2 engineering, yang kerjanya ga kenal waktu, masih muda udah banyak yg kena darah tinggi (gila ya?).
Aku jadi inget omongan Pak Deddie waktu aku sering nebeng dia pulang.


“Ta, aku sih pindah ke IAT mah rugi besar, waktu aku di KAP, gaji aku lebih besar dari sini, tapi kamu tau apa yg engga aku dapetin di KAP Ta? Di IAT aku masih bisa sholat maghrib di rumah, bareng anak2, kalo bulan puasa aku masih bisa buka bareng sama anak2ku, apalagi si Nanda tuh…paling seneng kalo aku bisa buka puasa bareng. Itu yang ngga aku dapet waktu aku masih kerja di Sudirman.”

Iya sih…..berapa banyak temen2 aku yang ngiri kalo aku cerita maghrib aku dah sampe rumah, termasuk Mas Indra. Benefit itu yang ngga aku dapetin kalo aku kerja di Sudirman-Thamrin. Walaupun emang, aku juga tetep stress kalo kerjaan lagi gila2nya (kayak lagi laporan misalnya).

Akhirnya sejak kemarin aku merubah tujuan kerja aku “Kerja For Pleasure!” Kerja buat senang2. Iya ngga…..enak khan kalo sambil melakukan kesenangan tetep dapet duit. Jadi kalo dah mulai stress, mending ga usah diturutin. Mo ngabur hayo…
Apalagi yang aku kejar….karir? Kayaknya engga deh, aktualisasi diri udah aku dapetin ketika aku ngajar. Lagian yang wajib cari duit khan suami, perempuan khan bagian ngabisin ajah (eh…salah yak?).
Trus dokter aku bilang kalo aku ga boleh mikir yg berat2, ntar pusying. So…ntar siang…..ke BEJ aja kali yak, ke Millenia mendingan, belanja euy!

No comments: