Friday, August 06, 2004

Menanti hadirnya 'Sang Mentari'


hasil usg transvaginal

Sabtu, 30 Juli 2004

Kalo kemarin2 ini aku ga banyak posting di blogger, itu karena sibuk usaha "mengejar mentari". Kalo Rudy sujarwo bikin film tentang mengejar mentari, kalo qta berdua lagi berusaha agar "sang mentari" segera hadir di tengah2 kita. (PS: kita engga niat dan bercita2 namain anak kita kelak mentari lho.....berhubung babenya ada Surya-nya and I adalah Bunda Mentari, so utk sementara, our future child kita namain mentari)

“Apa sih tujuan kamu nikah?” pertanyaan klise yg selalu muncul disetiap pasangan yang akan berencana menikah. Jawabannya pun klise dan basi banget (tapi emang bener), “punya anak donk!” itu jawaban yang jujur! Yg lebih jujur lagi mungkin “biar bisa menikmati sorga dunia donk!” (ini mah jawabannya si Ono).Terlepas dari tujuan pernikahan sebagai “pelaksanaan separuh Dien”, punya anak adalah salah satu jawaban dari pertanyaan di atas. Engga fair ya?! Tergantung dari sisi mana kita melihat.

Okeh ga usah dibahas! Pernikahan kami insyaAlloh minggu depan akan memasuki umur 6 bulan, terlalu singkat buat di jadikan contoh, tapi juga lumayan bisa dipertanyakan kalo kehadiran anak belum juga ada.Beberapa temen meng-encourage aku, “be cool sweety…..belon setaon!”Wuihhhh tetep aja gerah, ketika yg barengan nikah udah pada hamil satu persatu (terakhir Anissa Bahar, lho?!).
Akhirnya setelah perundingan panjang dengan si calon Abi, kami pun ikhtiar ke ahlinya (InsyaAlloh), ceritanya qta mo mulai program.Pilihan kita ke dr. T Yakob, favoritnya temen2 di kantor. Abis kita terlanjur kecewa sm RSPI yg malahan bikin aku kesakitan sendiri.Sebelon ketemu dr Yakob, seperti umumnya yg lain, kita harus ketemu dulu sama asistennya, Dr. Drajat, according to temen2 dan wida, dia nih dokter gokil, kalo ngomong asal.


So on July 30, 2004, we decided to meet him. Bener juga nih orang kalo ngomong sa’ena’e, tapi qta berdua ga sakit hati malahan jadi cengar-cengir sendiri, kayak waktu qta konfirmasi, kalo menurut dokter di RSPI, sel telur aku kecil2, eh dia dengan entengnya bilang (sambil ngerjain USG transvaginal), “Sapa bilang boss??? Nih liat sel telur loe tuh besar2, dan anak2 loe banyak banget nih”….sambil nunjukin bulatan2 hitam sel telur.
Begitu juga waktu kita konfirmasi soal adanya endometriosis yg menurut dokter di RSPI engga ada, ternyata dr Drajat malahan menemukan indikasi adanya penyakit itu.

Tau ngga endometriosis itu apa? Endometriosis tuh jaringan endometrium yang tumbuh di sekitar ovarium, tuba falopii, ato bahkan di organ tubuh yg lain diluar rahim kayak paru2. Nah si endometriosis ini yang menghalangi pertemuan sperma dgn sel telur. Penyebabnya ga diketahui pasti, tapi dicurigai salah satunya masalah hormonal. Nahhhh kalo bicara soal hormonal, itu berbanding lurus sama psikologis manusia. Most of wanita bekerja dicurigai menderita penyakit ini, walaupun penyakit ini sendiri bisa sembuh dengan kehamilan dari si penderita itu sendiri.

Mungkin bener, penyakit ini jarang ditemui sama perempuan2 yg hidup di kota kecil, yg bukan perempuan karir, dan perempuan muda (walaupun ga jaminan semua yg disebutkan tadi bebas dari penyakit ini, karena radikal bebas dan polusi juga dicurigai sebagai penyebab penyakit ini), karena orang2 seperti mereka itu jarang stress, hidupnya lebih nyantai, dan hidup di lingkungan yang sehat.

Entahlah, pusing nyari penyebabnya, yg pasti, buat aku sendiri masih nunggu pemeriksaan lebih lanjut dari Dr. Yakob, semoga bukan karena itu.Hidup lebih sehat mungkin sekarang ini adalah target aku selanjutnya, kalo masih menginginkan kehadiran si kecil. Berusaha menikmati indahnya hidup ini. Susah juga sih, aku tuh kebanyakan kegiatan, apalagi urusan akreditasi kemarin itu bener2 menyita energi aku.Sedang mas Indra sendiri juga ga bisa lepas dari kesibukan kantornya itu. Kesibukannya ngalahin peneliti lapangan jhe…ups!!!!Duh nak…..inikah perjuangan bunda dan abi-mu dalam memperoleh amanat dariNya tentang keberadaanmu. Jangan nakal ya nak kelak….;p


Kamis 3 Agustus, 2004

Ini kedua kali aku ke kliniknya Dr.T.Yakoeb, dalam usaha menjemput “si mentari”. Setelah kemarin Sabtu test pendahuluan, USG transvaginal trus test darah (wekkkks, lupa ambil hasilnya yak?!), kemarin malam aku di hydrotubasi. Prosesnya kalo jaman dulu “ditiup”, bedanya, jaman sekarang dimasukin cairan obat yg berfungsi mempersiapkan “jalan tol’ untuk lewatnya “sang pejuang” ketemu sama ovum.

Jam 19.00 kurang dikit qta sampe di klinik. Alhamdulillah mas Indra sampe pulang cepet demi nganterin istri tercinta (heuheuheu, ga boleh sirik!). Seperti biasa, qta kecepetan lagi, krn ternyata tindakannya jam 20.00 (huaaaaaa….dibo’ongin suster lagi).

Jam 20.00 kurang dikit, dokter anestesinya dating, namanya dokter widodo. Dia abis sexio di Budhi Jaya, katanya, mangkanya telat (wissss, pasien mah kudu nrima ajah).
Aku langsung disuruh pipis sama suster (padahal dari jam 15.00 aku dah puasa, sampe ngiler liatin lepet yg dijual mba Mona di kantin). Keluar dari toilet langsung digiring sama suster ke kamar tindakan. Tau ngga, mas Indra sempet bingung, abis aku ga pake pamit dia langsung masuk tindakan, kata dia, selama tindakan dia duduk di depan kamar tindakan, katanya dia cemas. Duh kasian yah suamiku. Iyalah, soalnya dia tau banget kalo aku penakut, waktu USG transvaginal aja, tangan aku kuat banget mencengkeram lengannya……takut mennnnn.Di dalem kamar aku mohon-mohon banget suster sumini biar ditemenin, sampe si susternya nyengir “Iya bu…tenang aja, saya ada di sini koq.”

Sambil nunggu Dr. Yakoeb datang, aku ngobrol sama Dr. Widodo, ternyata dia muridnya Om Biyat, kakak Papah yg jadi dokter bedah dan sesama alumni FKUI. Trus dia cerita juga kalo Dr. Yakoeb tuh temennya dia yg emang dari dulu udah puinterrrrr tenan (pantes, wida terkesan banget, sampe berharap Gagah jadi kayak dia).

Seperti biasa keisenganku dating, trus dokternya aku wawancara….“Kalo Arief Rahman, dokter kenal?” ternyata dokter widodo tuh tau, karena mereka sama2 ikutan demo waktu itu. Dari dia aku juga jadi tau kalo Arif Rahman Hakim tuh ga ikutan tiarap kayak temen2nya, dia malahan berlutut yang akhirnya malahan tertembak (ck ck ck emang ane harusnya gantiin Ira Koesno). Berbagi cerita sama si dokter bikin aku rada tenang (dikit). Soalnya perutku sempet nyeri, kata suster gara2 nervous.

10 menit kemudian dokter Yakoeb dateng, aku cuman inget dia masuk dengan tergesa2, trus Dr. Widodo menyuntikkan obat bius, eh aku jadi tau lho rasanya orang disuntik mati, awalnya tangan kita berasa panas, karena mungkin pertemuan obat bius dengan darah, abis gitu terasa cairan itu ngalir bersama darah, selebihnya mbuh…….keburu tewas.

Aku ga liat jam berapa kelarnya, abis tau2 dibangunin suster, trus dibantu bangun. Ga lama mas Indra dating, dia bantu aku duduk, tanganku ga lepas dari dia, Kepala aku masih berasa muter dan pusing. Trus dia ninggalin aku bentar ngurus hasil, aku ditemenin mba Mona tukang kantin.Yang lucu waktu keluar kamar, aku duduk disebelah perempuan yg ternyata dia (ga tau istri ga tau pacarnya) bersama Anas Urbaningrum!!!!!
Aku dengan polosnya bilang mas Indra gini….”ini di klinik Dr. Yakoeb apa di KPU she?!”
Hihihi….mas Indra cuman mesem2 aja denger istrinya masih mabok sama obat bius.

Kamis besok aku bakal balik lagi, tapi dengan penanganan yg beda…DIATERMI….mbuh makhluk apakah itu…..doain hasil yaaaaaaaaaaa

Note: nak…nak…..kamu dimana siiii bunda sama abi-mu sudah merindukanmu niiiii, jgn ngumpet yaaaaaaa ;p

No comments: