Tuesday, August 10, 2004

Lesson.......



“Aku lagi dicoba ni Ta…..” gitu kata Pak Deddie boss aku waktu pagi2 dia nyamperin aku di meja tempat aku bermarkas.
“Ada apa gitu Pak?”
“Si Gilang sama Andien, Ta….mereka nabrakin ‘carens’ ke pohon! Masya Alloh….mau marah gimana…..”cerita Pak Deddie tentang 2 orang anak2nya yang menurut beliau baru aja nabrakin mobilnya ke pohon.
“Oh…udah diincer kali Pak” canda aku.…kebiasaan tukang becanda emang, tapi khan biar dia ga stress.
Pak Deddie cuman senyum, trus dia bilang,
“Aku kurang beramal kali Ta….”
“Dezigh!!!!!”
Kalimat Pak Deddie yg terakhir seakan menyadarkan aku akan sesuatu.

Dulu, sebelum nikah, aku termasuk orang yang rajin menyisihkan sedikit dari rizki aku buat saudara2 yg kurang beruntung. Ngga ngerti kenapa setelah nikah, ghirah akan amalan yang satu itu jadi agak berkurang. Mas Indra pun demikian.
Kemarin Ahad pagi, ketika bangun tidur…….aku kayak diingetin betapa beruntung dan bahagianya hidupku sekarang ini (jangan dipikirin yg belon punya ya…itu mah ga ada abisnya), trus aku bilang sama mas Indra,

“Mas….boleh ga aku ngomong sesuatu.”
Mas Indra yang masih ngantuk dengan muka jeleknya cuman memicingkan mata,
“Napa yang?”
“Aku pengen ke rumah Pak Syarif deh…..nitipin buat anak2, kayaknya koq bulan ini aku lagi banjir rejeki”
Mas Indra cuman mengangguk pelan sambil ngusap rambut aku “Iya…nanti pulang kondangan ya kita mampir.”
Hari itu kami ada undangan ke rumah temen ku, Kiki, yang nikah hari itu.

Pulang dari kondangan di rumah Kiki ada peristiwa yg bikin niat aku tambah kenceng.
Aku hampir kehilangan cincin yang notabene mahar pemberian mas Indra waktu kita nikah. Aku dah panik, Mas Indra kesel banget, tapi dia bilang “ Udah lah…cuma barang, lain kali jangan ceroboh gitu deh” sambil mukanya kecut (duh untung mas Indra ga kayak papah, udah abis diomelin kali aku).
Emang dasar masih rezeki…itu cincin ternyata jatuh di mobil (Alhamdulillah!).

Niat aku makin kenceng buat ke bangunan di daerah Otista. Kita langsung meluncur ke rumah Pak Syarif, pensiunan karyawan PTP yang sekarang hidup bahagia sambil mengurus “anak-anak” kecilnya. Beliau menyambut kami dengan senyumnya yang teduh. “Anak2 lagi maen bola,” katanya. Kami cuma sebentar, setelah mas Indra menyampaikan niat kami, trus kami pulang (pake dioleh2 in teh lagi).

Senin kemarin, pulang kantor, aku dapet sms dari mas Indra….
“Alhamdulillah yang…tadi aku dapet honor nulis (mas Indra nulis di bulletin Sakinah, bulletin resmi kantornya mas Indra) Rp sekian.”
Aku merinding….Alhamdulillah…Subhanalloh, gumamku dalam hati. Perasaan baru kemarin kita berbagi…eh udah diganti.

Kata guru ngaji dulu, waktu aku masih kecil, kalo kita membelanjakan harta kita di jalan Alloh, Dia akan menggantinya dengan lebih banyak lagi (QS 2:261).

Sebetulnya kisah seperti ini sudah banyak yang mengalami. Aku belajar banyak dari Wida yang emang punya prinsip…”Teh…..sebesar X yg kita keluarin…sebesar bahkan lebih besar dari X juga yang akan kembali ke kita, belum lagi yang ditabung ‘di sana’.”
Aku memang belum pernah mengalami langsung, peristiwa kemarin itu menyadarkan aku dan mas Indra akan kebiasaan yang udah kita lupakan selama 6 bulan ini (MasyaAlloh!). Peristiwa yang Pak Deddie dan kami alami mengajarkan kami akan sesuatu……Terima Kasih Ya Robb…….


No comments: