Friday, August 20, 2004

Tentang Moral




“Kayaknya ga bakal diambil sama dia deh Ta, soalnya dia orang PKS” itu tanggepan wilzon temen seruangan waktu denger ada rencana kantor aku mo ngasih HP Nokia terbaru buat salah satu staf ‘Bank dengan asset terbesar’ krn bantuan mereka me-reschedulling hutang kita. Nggak ngerti legal or engga, yg pasti menerima imbalan bagi para staf bank atas kelancaran urusan tertentu terutama berhubungan dengan kredit, haram hukumnya (kata mas Indra lho….yg udah belasan taon diperbankan).

Sebelumnya emang atasannya itu orang emang udah kita kasih uang, masing2 USD 3,000, buat 2 orang.
+ “Koq loe yakin dia ga bakal trima wil?
- ”Iya…orang dia pake jilbab ghitu!”
+ “Jilbabnya kayak gue or panjang kayak taplak ghitu?” Tanya aku curious
- “Ah…loe mah jilbab gaul! But…will see lah yaaa, kita tes apa dia masih nrima juga”

Wilzon tuh orang nasrani, kayaknya sedih dan miris ya denger saudara kita dicemooh ghitu sama orang agama lain. Habis mo gmn….bukan agamanya sih yg ngaco…tapi orangnya (baca:oknum).

Ngomongin soal imbalan, inget omongan ustadz, katanya yg nrima sama yg ngasih, dosanya sama. Inget juga omongan mas Indra, buat pegawai bank tuh haram hukumnya trima imbalan atas kredit yg dikucurkan. Tapi tau ga sih…aku sempet terperangah waktu kantor aku trima kredit dari 2 bank syariah besar di Indonesia, salah satu bank tersebut, staf-nya malahan yg nanganin pinjaman kita, terang2an minta fee dari kredit yg cair. Oke kalo dia sebagai arranger, karena itu emang kerjaannya dia, tapi kalo dia sebagai AO, ga boleh donk! Yg lbh gila lagi itu terjadi di bank Syariah. Yg kecipratan mulai dari Direksi sampe stafnya (tentu dgn jumlah yg proporsional).
Aku crita hal ini ke mas Indra, dia kecewa banget (huahaha mo hjrah ga bisa yaaaa….mangkanya dagang aja mas…Aman!), menurut dia ada peraturan di BI yang melarang pegawai suatu bank menerima imbalan atas pengucuran kredit. Tadinya aku masih banggain bank kompetitornya yg katanya ‘pertama menganut syariah’, huh…tetep aja podo wae, belakangan kita ‘setor’ juga ke oknumnya.

Sebenernya hal kayak gini mah udah lazim terjadi di Indonesia, aku pernah liat sendiri di kantor polisi orang berjilbab (jilbab panjang juga), teteppppp trima komisi. Ga ngerti lah….ga mo su’udzon. Abis imbalan terimakasih sama suap, tipis banget batesannya.

Jadi inget pertama kali kerja, ada supplier yg ngasih aku uang, yg ada aku malah ketakutan, abis tadinya yg di amplop yg dia sodorin itu statement of account, ga taunya duit 300 rebong! Aku gemeteran, trus dilain hari aku balikin, eh…..yg ada temen2 seruangan malah bilang aku bego. Biarin ah, daripada deg-degan trus. Udah ghitu pernah waktu lebaran….ada yg ngirim parcel, gelo! Tau darimana lagi dia alamat aku……mo dibalikin juga, gmn cara (lagian embah waktu itu minta dibongkarin), ya udah, dengan pembenaran ‘rezeki’ aku trima aja. Di lain hari say thanks sama yg ngasihnya. Tapi bener lho……kita jadi punya beban moral sama orang tersebut. Abis orang yg ngasih juga pintar sih, udah kita tolak, eh…dia nyari alamat rumah kita, belum lagi alih2 ngajak makan2.
Seharusnya sih, apapun itu, walaupun kita ga minta, kalo pemberian itu tetap berhubungan sama kerjaan kita, tetap aja namanya suap (kata mas Indra lho), ga mungkin khan ada orang ujug2 dateng ngasih duit, orang ga kenal lagi!
Cuma jeleknya aku suka standar ganda, kalo ada kiriman dari supplier bule kayak teko2an hiasan or coklat, suka aku trima aja (abis enak sih), tapi kalo uang baru ditolak. Hehehe….dosa juga ya aku………
Jadi inget nasehat mamah, kata dia……”jangan suka ngambil yg bukan haknya, ntar jadi ga berkah, yg nanggung keluarga dan keturunan?”


Duh…mudah2an mba yg di Bank M…..itu ga nerima apalagi ngambil HP dr kita, biar omongannya Wilzon ga terbukti.

No comments: