Tuesday, February 22, 2005

Saat Kesempatan itu Datang




Ngomongin soal cita-cita, mungkin aku adalah satu orang yang antara apa yang diinginkan (baca: cita-cita) jarang match sama kenyataannya. Ups…..tapi tunggu dulu, nanti sobat yang baca bakal mencap aku orang yang ga bersyukur. Engga…..sama sekali engga….aku bersyukur koq, SANGAT.
Cara aku bersyukur adalah dengan mensiasati keadaan (ya dengan me-match-kan apa yang aku dapat dengan apa yang aku mimpikan, seolah emang itulah yang aku inginkan), sehingga apa yang aku genggam di tangan bukan menjadi hal tiada pernah aku syukuri.

Seperti misalnya, dulu tuh…pengennnnn banget kuliah di UI. Tahun pertama UMPTN ga tembus, tahun kedua….sama, tahun ketiga akhirnya Alhamdulillah tembus, walaupun sampai hari ini ga pernah kelar karena bingung bagi waktu sama kuliah di Trisakti, tetep aja aku puas, sing penting aku punya JAKET KUNING juga!!!!
Itu salah satu contoh, lainnya lagi dari dulu aku pengen kerja yang engga terikat ruang dan waktu. Dari mulai cyber office sampe pengen jadi pengarang tulisan populer, tapi ternyata yang terakhir itu ga mungkin jadi kenyataan, soalnya sumpah! bahasa aku tuh jelek banget, ga mendukung untuk jadi penulis populer.
Salah satu cara untuk bekerja tanpa dibatasi ruang dan waktu adalah mengajar (don’t say kalo itu dibatasi ruang kelas, karena memang….tapi khan soal waktu kita ga terikat seperti pekerja kantoran, iya ngga?). Apalagi kita kaum perempuan, enakkan…..tanpa meninggalkan kewajiban sebagai istri dan ibu bagi anak-anak, bisa ikutan bantu-bantu suami, sambil beraktualisasi diri (cieeeeeeeeee, tua ya?!). Apalagi sejak menikah, keinginan itu tambah besar, biar lebih banyak waktu bersama-sama suami, gitu ceritanya ;). Tapi mo langsung ngajar di perguruan tinggi ternama khan susah, banyak syaratnya. Harus pinter lah, harus S2 lah, akhirnya aku putuskan, kerja dulu demi ngumpulin duit dan ngajar di sekolah apa aja (ga penting tenar) demi jam terbang.

Nah…setelah sekian lama hanya mengajar demi mengumpulkan jam terbang, terus bela-belain sekolah lagi biar mudah dapat akses buat ngajar di Perguruan Tinggi. Alhamdulillah kemarin Jumat aku dapat panggilan dari sebuah perguruan tinggi swasta ternama dibilangan Kalibata. Ini adalah profesi yang selama ini aku impi-impikan, bebas ngatur waktu dan minimum pressure. Awalnya ditelpon untuk ujian TPA, tapi setelah tiba di lokasi yang ditentukan, baru tahu kalo hari Sabtu kemaren itu hanya briefing buat calon dosen. Baru tau karena ternyata secara informal, yang dipanggil kemaren tuh udah jadi dosen tamu di sekolah tersebut. Tapiiiiii karena aku pinginnya jadi dosen tetap, minggu depan, aku masih harus mengikuti serangkaian tes, diantaranya presentasi mengajar di depan pimpinan akademik sekolah tersebut dan beberapa dosen senior. Mohon doa-nya ya sobat…….smoga apa yang aku cita-citakan ini bisa tercapai.
Kalo dalam minggu ini aku jadi ga rajin nge-blog, karena sibuk mempersiapkan diri buat “hari besar”itu, trus juga tetep dengan kerjaan yang “tetep”segunung, ditambah dead-line hasil karya Pelatihan buat dipresentasikan di depan para tutor.

2 comments:

Zubia and Yusuf's Mom said...

Semoga sukses ya tante...Zubia dan mami turut mendoakan...

Hany said...

mudah2an lancar n bisa jadi dosen tetap. ngajar itu emang paling asik, walopun paling nggak asik kalo ktemu mehasiswa dengan mata kliyep2 habis mabok malem sblumnya atau mahasiswa yang suka nulis 'surat cinta bersambung' di kertas ujiannya. hiksss... mudah2an nggak ktemu yg model bgituan deh. selamat juga yah!