Wednesday, December 29, 2004

Kuburan Masal itu Bernama A C E H




Hari pertama masuk kantor, meja udah ‘full’ sama kerjaan yang aku tinggalin almost 1 minggu, Alhamdulillah karena perencanaan yang baik ga terlalu bikin aku jadi heboh (tapi tetep….status di YM ..”Baru masuk, jangan ganggu duluw!”).

Aceh, sebuah propinsi di Utara Indonesia sedang jadi berita. Hampir seluruh wilayahnya luluh lantak oleh gelombang Tsunami, tak terkecuali penghuninya. Karena cuti kemarin, aku jadi punya kesempatan ‘melototin’ si ‘kotak ajaib’ seharian (sampe mamah bilang, “ga capek Ta, liatin acara itu trus”) Breaking News di Metro TV tentang ‘Indonesia Menangis’. Masya Allah! Negeri yang begitu indah itu hancur! Rata dengan tanah, ribuan mayat bergelimpangan. Anak-anak kehilangan orang tua-nya, orang tua kehilangan anak-anaknya. Aceh lumpuh……
Mamah sih udah ga kuat liat tayangan keadaan bumi Serambi Mekah itu pasca gempa. Sedih……katanya.
Mas Indra sendiri kehilangan 8 orang teman-temannya yang tugas di Banda Aceh. Tapi Alhamdulillah, teman-temannya yang bertugas di Pulau Simeuleu, selamat semua. Mereka kontak ke Jakarta kemarin, mengabarkan kondisi mereka. Katanya mereka selamat setelah menyingkir ke perbukitan dan tinggal disebuah rumah disana. Alhamdulillah!

Aceh....terlalu lama mereka menderita. DOM, Darurat Militer, Darurat Sipil, penguasa yang dholim....entah dengan apalagi mereka akan dicoba. Sementara rakyatnya, saudara-saudara kita itu, betapa mereka berikan harta mereka untuk kemerdekaan bangsa ini, betapa mereka merelakan buminya dijarah saudaranya sendiri.
Waktunya kita membalas kasih sayang kita pada mereka!!!

Subhanallah…..rasa persaudaraan itu masih ada, aku dengar posko-posko didirikan, tadi pagi pun bantuan-bantuan sudah banyak yang disalurkan. Aku dengar berita dari pengurus PKS, Aceh butuh relawan hingga 10.000 orang, untuk evakuasi dan penanganan pasca gempa. Di Halim sendiri dari tadi pagi Hercules AURI sudah berangkat ke Aceh. Beberapa perusahaan penerbangan menyediakan flight gratis, untuk mengangkut bantuan ke sana. Hummmmm…….kalo ga bisa bantu banyak, dengan segala keterbatasan kita, kiranya kita bisa berdoa pada Yang Kuasa,

Robbana…….apapun yang telah terjadi di sana, janganlah Engkau musnahkan mereka.
Ampuni segala kesalahan kami, aku yakin kami semua punya andil yang membuatMu murka. Kami memang hambaMu yang telah mendholimi diri kami sendiri. Berbuat maksiat dan kerusakan di muka bumiMu ini. Tak adakah pintu ampunanMu untuk kami?

Robbana…….kami yakin…dibalik segala anugerah dan cobaan yang Engkau berikan, Engkau berikan hikmah, agar kami berpikir. Jangan Engkau tutupi hati kami Ya Allah……sehingga kami semakin jauh dari Mu. Jadikan kami hamba Mu yang selalu bersyukur dalam lapang dan sempit kami.
Ya Allah……saudara-saudara kami yang berada di Aceh sana sudah terlalu sering di dera coba, sayangi mereka, wahai Yang Maha Rahman dan Maha Rahim.
Ampuni segala kesalahan mereka, terimalah mereka yang tewas disana sebagai syuhada. Beri mereka kesabaran dan keteguhan hati dalam menerima cobaan dari Mu. Gantilah mereka yang telah tiada dengan generasi yang lebih baik lagi dari kami semua.
Lunakkan hati-hati keras para ‘angkara’ agar ada rasa kasih dan sayang di antara kami.
Kami sadar, kami hanyalah setitik debu yang tiada berarti dihadapanMu. Sayangilah kami, janganlah Engkau tinggalkan kami. Beri kami petunjuk Mu….selalu…..
Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasa.


"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya" (QS 7:96)

Notes
sedikit info buat yang mo memberikan bantuan, bisa dititipkan pada:

Posko Bantuan Angkut Sosial
Mabes TNI Lanud Halim Perdanakusuma
021 - 8019035


InsyaAllah akan dibawa dengan Hercules milik TNI AU

No comments: